Araldite Indonesia

Araldite Indonesia

on

Araldite Indonesia

Lem adalah salah satu benda paling fungsional yang dibutuhkan hampir di setiap lini usaha, industri rumah tangga bahkan setiap individu. Lem memilki berbagai manfaat untuk banyak hal. Lem bisa digunakan untuk memperbaiki benda-benda seperti mika pecah, fiber retak, atau bahkan bisa memperbaiki material besi yang patah. Dengan kata lain, lem mampu mengembalikan fungsi sebuah benda menjadi baik seperti semula. Lem bisa terbuat dari tumbuhan, hewan dan bahan kimia dari minyak.

Pada zaman dahulu, pembuatan lem sangatlah sederhana, yakni berupa cairan alami atau getah yang berasal dari pohon saat ditebang. Kemudian, orang mulai belajar membuat lem dengan merebus tulang rawan binatang. Beberapa lem kuat yang pertama kali dibuat berasal dari tulang ikan, karet atau susu. Lem yang sangat sederhana dapat dibuat sendiri di rumah dengan mencampur tepung terigu dan air. Lem ini mampu merekatkan potongan-potongan kertas bersama.

Selain berguna sebagai alat yang mampu merekatkan satu sama lain, lem juga memiliki fungsi yang penting dalam dunia kerajinan. Lem dapat membuat berbagai karya seni. Kliping adalah salah satunya. Kliping dibuat dengan merekatkan benda-benda berwarna ke kertas. Beberapa karya seni lainnya banyak yang bisa diciptakan dengan menggunakan lem sederhana ini seperti sepeda hias, hiasan dinding, hiasan rumah, dll.

Fungsi lain dari sebuah lem tidak hanya untuk hal-hal kecil, namun bisa juga menjadi benda yang sangat berarti dan menyelamatkan hidup manusia. Beberapa lem tertentu mampu menahan air masuk perahu, bangunan atau kendaraan. Lem khusus juga mampu membuat kayu yang direkatkan dari potongan-potongan kecil bahan atau bubuk. Banyak lem yang aman digunakan karena tidak menggunakan bahan kimia berbahanya. Namun banyak jenis lem yang mengandung bahan kimia berbau menusuk yang jika terhirup akan menyebabkan bau tidak sedap atau menusuk.

Secara umum, lem terdiri dari material pembentuk berupa bahan alami dan sintetis. Lem yang terbuat dari bahan alami umumnya menggunakan campuran air sebagai pelarut sehingga kekuatannya akan melemah jika terkena air. Namun keunggulannya adalah lem jenis ini tidak mudah terbakar. Sedangkan lem sintetis menggunakan pelarut kimia dan akan mengering setelah pelarutnya menguap. Namun jenis ini sangatlah mudah terbakar, sehingga harus dijauhkan dari material yang mampu memicu kebakaran.

Lem yang terdiri dari bahan alami memiliki waktu pengeringan lebih lama daripada sintetis, namun hasilnya lebih kuat dan awet. Sedangkan bahan sintetis memiliki waktu pengeringan lebih cepat, namun hasilnya kurang kuat dan kurang tahan lama jika dibandingkan lem yang terbuat dari bahan alami. Ada juga jenis lem yang terdiri dari 2 jenis material yaitu epoxy dan hardener. Epoxy berisi lem yang sebenarnya, sedangkan hardener berfungsi sebagai katalis atau pengeras. Lem jenis ini sangat bagus untuk merekatkan logam, misalnya untuk pengisi bahan yang penyok pada bodi mobil. Namun bahan ini harus dicampur dengan benar agar mampu bekerja dengan baik.

Diperkirakan bahwa orang Amerika menghabiskan sekitar 18, 2 kg lem per tahunnya. Pada semua bidang seperti plumbing, sepatu, buku, bangunan, mobil kesemuanya menggunakan lem. Ada satu jenis perekat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yang juga disebut lem nabati atau perekat nabati. Bahan-bahan ini disebut dispersible atau larut dalam air dan biasanya dibuat dari pati yang membentuk banyak butiran dan sayuran. Ada juga lem yang menggunakan hewan sebagai materialnya.

Salah satu jenis lem yang sangat dibutuhkan hampir semua bidang industri adalah lem besi Araldite. Lem Araldite Indonesia menghasilkan kekuatan super yang tahan air obligasi yang dapat dicat atau diampelas. Araldite terbukti mampu mempersingkat waktu penguatan benda. Hanya butuh 8 jam untuk memberikan kekuatan penuh pada sebuah benda patah. Araldite cocok untuk merekatkan atau memperbaiki alat-alat kecil yang terbuat dari bahan besi, kayu, beton, kaca, keramik, plastik, dll. Araldite juga diklaim sebagai perekat terkuat di dunia.

Karena memperbaiki sendiri perabot dan furniture bukan hanya soal keahlian, namun juga perlu menggunakan peralatan yang tepat, salah satunya adalah lem epoxy Araldite. Dengan lem yang tepat, tidak membutuhkan seseorang yang ahli dalam bidang teknis ini. Namun hanya diperlukan sedikit kemauan untuk mengembalikan fungsi suatu benda rusak menjadi berfungsi baik seperti semula. Sebelum memutuskan lem apa yang paling tepat, anda perlu tahu jenis-jenis lem yang ada di pasaran untuk menemukan lem yang paling tepat untuk perabot anda. Jangan hanya karena tergiur harga murah, anda salah pilih produk lem atau perekat dan menyebabkan perabot anda tidak berfungsii secara optimal. Araldite Indonesia mampu memberikan hasil optimal untuk beragam perabot anda.

Di Indonesia, Araldite digunakan untuk berbagai kebutuhan. Araldite Indonesia adalah perekat profesional yang sangat kuat yang bisa juga digunakan untuk membangun jembatan, merakit mobil balap dan memproduksi sayap pesawat. Sehingga bisa dikatakan bahwa Araldite Indonesia memiliki fungsi yang sangat vital untuk kebutuhan industri dan rumah tangga.

About Araldite

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*